Wohoo !! Your Poke’mon Has Arrived..

Selamat datang di hobi super fun dan adiktif !

Mempersiapkan Enclosure

Tentunya excited ingin segera membuka paket dan melihat your personal exotic pet yang akan menemani hingga bertahun – tahun kedepan.

Apa saja yang perlu dipersiapkan ?

  1. Enclosure, minimal luasnya 2x panjang kaki tarantula (legspan), disarankan 4x legspan. Terlalu luas juga tidak direkomendasikan karena sling lebih mudah menemukan makanan. Lubang ventilasi besarnya disesuaikan untuk menghindari kaburnya tarantula, patokannya adalah diameter karapas (badan) tarantula.
  2. Isi dengan substrat  yang bisa dipilih antara :
    • cocopeat yang lembab (bukan basah). Indikator sederhana kelembaban cukup adalah jika dikepal/padatkan cocopeat dapat mempertahankan bentuknya. Dipasaran terdapat dua jenis cocopeat, satu cocopeat yang masih mengandung serat kelapa seperti benang, dan kedua cocopeat yang sudah disaring. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun berdasarkan pengalaman kami jika sling akan ditempatkan di tube maka lebih mudah menggunakan cocopeat yang sudah disaring.
    • Cocopeat adalah pilihan terbaik, namun jika tidak ada cocopeat, bisa diisi dengan tanah gembur dapat dicampur dengan serpihan daun kering. Kekurangan dari substrat ini adalah kurang menyerap air sehingga saat substrat di-spray ia sangat mudah menjadi becek dan kondisi ini tidak bagus untuk tarantula.
    • Pasir bukan media yang cocok, jadi tidak direkomendasikan.
  3. Isi enclosure dengan substrat 1/4 sd 1/2 tinggi enclosure. Cocopeat yang cukup bukan hanya sangat membantu mempertahan kelembaban, namun juga memungkinkan sling membuat lubang / burrow terutama untuk tarantula tipe obligate burrower. Padatkan cocopeat, dapat juga dibuatkan lubang sebagai starter burrow yang nantinya diteruskan oleh tarantula.
  4. Jika subtrat terlihat kering, basahi substrat dengan spray / ditetesi disalah satu sisi dinding dan membiarkan dinding lainnya tetap kering. Ini akan menciptakan area basah-kering sehingga tarantula dapat memilih kondisi yang paling nyaman. Hindari menyemprot langsung pada badan tarantula. Frekuensi pemberian air bergantung pada kondisi substrat. Seiring dengan proses pemeliharaan,  ingat bahwa tiap tipe tarantula memiliki persyaratan kelembaban yang berbeda. Investasikan waktu untuk mempelajari caresheet setiap species.
  5. Tempatkan enclosure ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Berbeda dengan reptil, tarantula adalah hewan nokturnal yang tidak memerlukan paparan sinar matahari langsung. Menjemur tarantula = kripik tarantula.

Memindahkan Sling

  1. Pertama ingatlah bahwa spiderling = aman. Jika kamu membeli untuk baby tarantula / spiderling / sling yang ukurannya dibawah 4 cm maka ukuran taring tarantula belum bisa menembus kulit kita. Jadi sangat aman, walaupun jenis yang kita pilih adalah yang high venom. Ingat ya ini untuk TARANTULA bukan laba – laba berbisa seperti black widow / red back spider.
  2. Untuk tarantula juve / dewasa kita perlu berhati hati. gunakan kuas panjang untuk mengarahkan gerakan tarantula. Sentuh kaki belakang tarantula untuk mengarahkan agar tarantula maju. Tiupan dari arah depan efektif untuk membuat tarantula mundur.
  3. Dengan tahu bahwa spiderling aman dan tau cara meng-handle juve/adult maka memindahkan tarantula dari tube ke enclosure menjadi proses yang menyenangkan. Ingat beberapa jenis tarantula seperti keluarga Poecilotheria dan kebanyakan tipe arboreal tipe gerakannya cepat / skittish (lincah) sehingga yang perlu diantisipasi adalah jika sling lepas dan berpeluang bersembunyi di celah – celah yang sulit atau bahkan kabur.
  4. Tips mengurangi resiko kaburnya sling :
    • Pindahkan diruangan yang tertutup, luas dan tidak banyak perabotan.
    • siapkan cup untuk menangkap sling jika kabur.
    • Memindahkan diatas meja dapat membantu, sehingga jika sling lari ia hanya akan berada di  area meja saja.
    • Menggunakan satu wadah besar sebagai alas sehingga jika sling kabur wadah ini dapat langsung ditutup.
    • TIPS PALING AMPUH : Jika enclosure cukup besar taruh tube yang sudah dibuka kedalam enclosure dan biarkan tarantula keluar dengan sendirinya. Cara ini jauh lebih aman dan tarantula terhindar dari stress. Keesokan harinya kita hanya perlu mengambil tube dari enclosure.
  5. Setelah pemindahan beri tarantula waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Menaruh tarantula selama satu hingga dua hari ditempat yang gelap akan membantu proses adaptasi. Pemberian pakan pertama dapat dicoba 1 sd 2 hari setelah pemindahan.

Pengamanan

Pengamanan lebih dalam perspektif melindungi tarantula. Hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Selalu pastikan tutup enclosure aman dan rapat.
  2. Tuliskan nama spesies dan sex (jika sudah tau) pada enclosure. Jika menggunakan tube, tuliskan di badan tube (bukan pada tutup). hal ini untuk memastikan identitas tarantula tetap aman dan tidak tertukar.
  3. Tempatkan enclosure di tempat yang stabil terhindar dari resiko jatuh
  4. Pastikan enclosure jauh dari penggunaan obat anti serangga baik spray, bakar, maupun elektrik.
  5. Lakukan pengamanan dari invasi semut. Pengamanan terbaik adalah dengan menaruh di meja/lemari yang kaki – kakinya diberi oli motor sehingga semut tidak dapat mencapai enclosure. Penggunaan kapur ajaib anti semut bisa dilakukan namun kapur semut akan berkurang efektifitasnya seiring dengan waktu.

Tarantulamu Bersikap ANEH ?
Kadangkala tarantula bersikap “aneh” dan membuat keepernya bertanya – tanya. Simak 7 sikap aneh tarantula dan artinya

Bagikan Informasinya