Catatan

Untuk Keeper Pemula

Molting : Pergantian Kulit Yang Mengagumkan

Tarantula secara berkala akan berganti kulit luar (molting), tarantula yang pre-molt ciri – cirinya : menjadi pasif cenderung diam, warna tubuh menjadi gelap terutama di bagian abdomen, puasa / mogok makan yang durasinya variatif bisa seminggu kadang dua minggu (jadi tidak perlu panik).

Pada saat pre-molt hindarkan tarantula dari stress : hindari handling atau mengganggu tarantula. Hindari membiarkan ada pakan hidup dalam enclosure tarantula yang pre-molt karena dapat mengganggu proses pergantian kulit. Pelihara kelembapan yang cukup sesuai caresheet, cukup sesekali di cek apakah sudah molting atau belum. Stress berlebih bisa mengakibatkan gagal molting yang bisa berakibat kematian.

Tarantula saat hendak molting secara umum (namun tidak selalu)  akan membuat jaring tipis di sekitar tubuhnya. Kemudian akan mengambil posisi terbalik (kaki menghadap keatas). Jika tarantula sudah mengambil posisi seperti ini maka jangan diganggu.

Pasca molting, kulit luar dan taring tarantula masih belum mengeras sempurna  sehingga jangan diberi makan langsung. Beri waktu setidaknya empat hari (disarankan seminggu) sebelum memberi pakan pertama.

Tarantula Adalah Pet Tangguh

Tarantula ukuran sling dapat bertahan puasa hingga dua minggu, tarantula yang lebih besar dapat bertahan tanpa makan lebih lama. Jadi jika tarantula baru belum mau makan, kita sebagai keeper tidak perlu khawatir yang terpenting menjaga kelembapan enclosure.

Tarantula Jatuh = No !

Walau terlihat garang dan tangguh juga jago memanjat, tarantula retan cedera jika jatuh terutama di bagian abdomen yang relatif tipis. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko :

  • Atur jarak antara lantai substrat dan tutup enclosure sekitar 1x legspan. Bisa dengan mempertinggi substrat atau memilih enclosure yang lebih pendek. dapat juga dengan memberi lapisan di dinding enclosure seperti kulit pohon baik asli maupun imitasi.
  • Umumnya tarantula akan nyaman berada di atas substrat atau dalam burrow-nya. Jika tarantula menempel di dinding enclosure coba cek apakah kelembapan substrat sudah cocok. Tarantula umumnya akan menghindari substrat yang terlalu basah.
  • Jika memutuskan untuk handling, turut pertimbangkan resiko tarantula terjatuh.

Tarantulamu Bersikap ANEH ?
Kadangkala tarantula bersikap “aneh” dan membuat keepernya bertanya – tanya. Simak 7 sikap aneh tarantula dan artinya

Bagikan Informasinya