Musuh Tarantula

80%+ spesies tarantula merupakan spesies yang “tahan banting” dengan daya tahan mengagumkan. Sanggup puasa berbulan – bulan tanpa makan dan tanpa belaian kasih sayang keepernya. Dalam dunia pemeliharaan tarantula, setidaknya ada dua hal yang menjadi “musuh” tarantula selain manusia. Ya, manusia terutama trader dan keeper tidak bertanggung jawab adalah musuh tarantula.

Dua hal yang seringkali mengakibatkan kematian tarantula adalah :

#1 : SEMUT

Semut dikenal dikalangan keeper tarantula sebagai musuh tarantula yang bisa datang tanpa diduga dan menginvasi kandang tarantula tanpa ampun. Sangat disarankan untuk serius mengantisipasi semut :

  1. Simpan kandang tarantula pada rak/meja yang memiliki kaki logam, jika kaki terbuat dari kayu, lapisi dengan plastik.
  2. Pastikan meja tidak bersandar ke dinding atau ada benda lain yang bisa dijadikan jalan oleh semut.
  3. Siapkan cawan dan tempatkan kaki meja didalam cawan.
  4. Isi cawan dengan oli motor (baru) merendam kaki meja sekitar 2 sd 3 cm
  5. Buat tudung diatas cawan untuk mengantisipasi debu dan menjaga jika tarantula kabur/jatuh. Tudung bisa dibuat menggunakan beragam material yang ada sesuai kreasi.
  6. Nikmati perlindungan anti semut selama bertahun – tahun.
  7. Satu tahun sekali cek kondisi oli, tambahkan jika perlu dan bersihkan dari debu.

Demikian tips dari experienced keeper dalam menjaga keamanan tarantula dari semut.

#2 : KELEMBABAN

Sebagian besar tarantula memiliki toleransi yang baik terhadap variasi kelembaban, namun sebagian lagi tidak. Memberi terlalu banyak air kedalam kandang sling secara umum bukanlah hal yang bijaksana. Ada dua cara kelembaban dapat berbahaya bagi tarantula.

  1. Secara langsung, misal spesies dengan habitat kelembapan tinggi seperti Selesconosmia javanensis diberikan habitat kering, atau Brachypelma hamorii yang merupakan tarantula tipe kering diberikan kandang lembab. Intinya adalah pelajari caresheet / panduan pemeliharaan setiap spesies.Kelembaban yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tarantula sakit, sementara kelembaan yang sangat kurang dapat menyebabkan tarantula dehidrasi.
  2. Kelembaban yang tinggi merupakan kondisi ideal bagi : munculnya kutu, tubuhnya jamur / cendawan. Pemeliharaan rutin merupakan kunci mencegah keduanya.

Happy Tarantula Keeping !!

Dengan mengidentifikasi dua musuh utama tarantula, didukung dengan pemeliharaan yang baik maka kita akan menikmati bertahun – tahun keseruan dan kenikmatan memelihara tarantula. Enjoy !

Tarantulamu Bersikap ANEH ?
Kadangkala tarantula bersikap “aneh” dan membuat keepernya bertanya – tanya. Simak 7 sikap aneh tarantula dan artinya

Mampir juga di
Halaman Komunitas | Blog | Tarantula Keepers

Ingin cari tarantula ?
Kunjungi Toko Komunitas

Bagikan Informasinya