Kandang Ideal Bagi Tarantula

Saat menentukan kandang yang tepat bagi tarantula maka pertanyaan utama adalah ” Apakah kandang telah memenuhi kebutuhan tarantula ? “. Tarantula merupakan pet yang memiliki daya tahan tinggi dan toleran namun tentunya kita perlu memastikan ia mendapatkan habitat yang ideal agar dapat tumbuh dengan sehat dan optimal. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi referensi.

Pelajari Caresheet

Spesies tarantula berasal dari beragam belahan dunia dimana iklim habitat asalnya dapat jadi berbeda. Ketahui tipe tarantula apakah arboreal, terestrial, atau burrower,Indikator utama yang perlu diperhatikan adalah suhu dan kelembapan yang nantinya akan berimplikasi pada seberapa sering kita perlu melakukan spray / misting  dan jumlah ventilasi yang dibutuhkan.

Penempatan Kandang

Simpan kandang di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung juga hindari tempat yang ramai lalu lalang / getaran karena tarantula sangat sensitif terhadap getaran. Terlalu banyak getaran akan membuat tarantula retan terhadap stress.

Ingat pula bahwa nikotin merupakan senyawa yang bersifat insektisida sehingga kita perlu memastikan untuk menjauhkan tarantula dari asap rokok.

Sling dan Juvenile

Untuk tarantula muda, pot obat,  toples plastik, atau cup makanan menjadi pilihan yang ideal karena selain memiliki tutup yang rapat dan murah, jenis ini memiliki beragam ukuran sehingga kita dapat secara bertahap memindahkan tarantula sesuai dengan perkembangan ukurannya. Intinya semua kontainer yang memiliki tutup dan dapat dilubangi dapat menjadi kandang tarantula. Kami tidak menyarankan tupperware karena walaupun tarantula akan baik – baik saja, namun hidup keeper akan terancam dan tidak tenang menghadapi murkanya istri / ibu.

Ukuran Kandang

Secara umum ukuran kandang panjang dan lebarnya minimal 2 kali legspan (panjang tarantula). Untuk tarantula sling / juve disarankan untuk melakukan pemeliharaan di tempat yang tidak terlalu luas untuk mempermudah perawatan dan membantu tarantula menemukan makanan.

Kandang Tipe Terestrial
Horizontal Enclosure | Tarantula tipe ini memerlukan kandang dengan lebar dan panjang  yang cukup, rekomendasi :

  • Panjang 4 legspan
  • Lebar 2 legspan
  • Tinggi 2 legspan (1 legspan untuk substrat)
  • Tanpa panjatan, sediakan tempat sembunyi

Kandang Tipe Arboreal
Enclosure Vertikal | Tarantula tipe ini memerlukan kandang dengan tinggi  yang cukup, substrat sebatas untuk menjaga kelembaapan. Rekomendasi :

  • Panjang 2 legspan
  • Lebar 2 legspan
  • Tinggi 4 legspan (1 legspan untuk substrat)
  • Beri panjatan
  • Ventilasi harus lebih banyak

Kandang Tipe Burrower
Tarantula tipe ini memerlukan kandang dengan kedalaman substrat  yang cukup, rekomendasi :

  • Panjang 4 legspan
  • Lebar 2 legspan
  • Tinggi 3 legspan  (2 legspan untuk substrat)
  • Sediakan lubang awal untuk membantu T membangun burrow, disarankan disisi enclo agar dapat terpantau

Keamanan

Tentu saja terarium dan kandang custom akan menjadi pilihan ideal untuk kandang tarantula, namun aquarium dan kontainer plastik juga dapat menjadi kandang yang baik selama dilengkapi dengan tutup yang rapat. Walaupun tarantula terlihat diam, dimalam hari mereka akan mengeksplorasi kandang. Jadi pastikan kandang dapat dan selalu tertutup rapat.

Ventilasi

Ventilasi memegang peranan penting selain untuk aliran udara juga untuk mengatur kelembapan. Secara umum tarantula tipe arboreal memerlukan ventilasi yang lebih banyak.

Arboreal

  • Lubangi 1/2 luas tutup
  • Beri lubang tambahan di sisi kandang berseberangan (cross vent) dengan jumlah yang cukup kisaran 10 % dari luas sisi

Terestrial / Burrower

  • Lubangi 1/4 luas tutup
  • Lubang tambahan dapat dibuat di sisi kandang secukupnya terutama jika menggunakan kontainer plastik yang ditumpuk.

Amati kecepatan penguapan ditandai dengan keringnya substrat. makin banyak lubang maka makin cepat penguapan konsekuensinya misting / spray dan water dish perlu lebih sering diperiksa.

Note : lubang ventilasi harus lebih kecil dari ukuran thorax / badan tarantula. Jangan berpatokan pada ukuran abdomen / perut karena abdomen dapat mengecil.

Dekorasi

Selain tempat minum,  panjatan (untuk arboreal), dan tempat sembunyi (untuk terestrial) sebetulnya tarantula tidak memerlukan dekorasi apapun. Tarantula merupakan spesies nokturnal yang mendapatkan rasa aman berada di tempat yang sempit dan gelap.

Tapi tentunya dekorasi dapat mempercantik enclosure. Batu dan kayu merupakan dekorasi yang umum digunakan, pastikan dekorasi telah dibersihkan dan tidak memiliki sisi yang tajam. hal yang perlu diperhatikan saat penempatan adalah stabilitas, kita tentunya tidak ingin tarantula mati tertindih batu dekorasi.

Tanaman merupakan elemen yang sering digunakan. tanaman palsu baik kain maupun plastik merupakan pilihan yang praktis karena tidak membutuhkan cahaya dan tarantula lebih menyukai kandang yang gelap, juga tidak memerlukan penyiraman yang dapat mempengaruhi kelembapan enclo. Disisi lain tanaman hidup juga memiliki daya tarik tersendiri dengan konsekuensi perawatan yang perlu lebih teliti. Keputusannya kembali ke masing – masing keeper.

Pencahayaan

Seperti kita ketahui bahwa tarantula adalah hewan nokturnal yang tidak memerlukan cahaya matahari langsung. Tarantula cenderung menghindari cahaya terang dan memilih kondisi gelap. Dengan demikian maka pencahayaan khusus dalam enclosure tidak diperlukan dan hanya untuk kepentingan estetika dan kemudahan dalam mengamati tarantula.

Enclosure terbaik

tidak harus mahal dan mewah selama memenuhi kebutuhan tarantula

Tarantulamu Bersikap ANEH ?
Kadangkala tarantula bersikap “aneh” dan membuat keepernya bertanya – tanya. Simak 7 sikap aneh tarantula dan artinya

Bagikan Informasinya