Air Minum Bagi Tarantula

Bagaimana cara menyediakannya ?

Tarantula memenuhi kebutuhan akan air melalui pakan dan jarang terlihat minum air secara langsung. Namun air bersih tetap wajib disediakan dalam enclosure dengan cara spray / mist bagi spiderling (sling) dan tarantula ukuran remaja / juvenile. Untuk tarantula dewasa maka disediakan tempat air/waterdish.

Waterdish

Selain menggunakan waterdish komersial, keeper umum menggunakan tutup botol amdk sebagai waterdish atau tutup pvc. Apapun dapat digunakan sebagai waterdish selama :

  • Bersih terutama dari residu pestisida
  • Dangkal
  • Cukup luas bagi tarantula untuk mencelupkan seluruh bagian dadanya.

Sesuai dengan kondisi, sebuah batu dapat ditambahkan di dalam waterdish sebagai pijakan apabila pakan masuk kedalam waterdish. Berbeda dengan pemeliharaan kecoa, jangan menambahkan kapas, water crystal, atau spons didalam waterdish.

Bersihkan waterdish seminggu sekali atau jika dirasa dibutuhkan, jika terdapat sisa makanan dalam air maka ganti segera dengan air bersih.

Spray / Mist

Untuk tarantula dibawah ukuran 4 cm, pemberian air silakukan melalui penyemprotan yang dilakukan pada satu sisi kandang tujuannya adalah membentuk butiran air di dinding kandang. Fungsi lain penyemprotan adalah untuk menaikkan kelembapan kandang sesuai kebutuhan spesifik tiap spesies. Beberapa spesies seperti Seleconosmia javanensis atau Lyrognathus giannisposatoi memerlukan kelembapan tinggi, kelembapan yang rendah berakibat dehidrasi dan stress yang beresiko kematian.

Note : hindari menyemprot langsung pada tubuh tarantula. Selain dapat membuat tarantula stress, beberapa spesies yang lincah dapat berusaha kabur jika disemprot.

Frekuensi

Seberapa sering spray dilakukan ?

Penggantian air di waterdish umumnya dilakukan 1 mingu sekali demikian pula dengan spray.

Peyemprotan tidak hanya untuk keperluan minum namun juga menjaga kelembapan kandang. Oleh karena masing – masing spesies memiliki kebutuhan kelembapan masing – masing, tiap kandang memiliki jumlah ventilasi yang beragam, dan lokasi keeper memiliki suhu yang berbeda, maka disarankan keeper melakukan pemeriksaan berkala hingga mengetahui betul frekuensi penyemprotan yang ideal. Umumnya untuk ukuran sling spray dilakukan 1 sd 2 kali seminggu.

Tarantulamu Bersikap ANEH ?
Kadangkala tarantula bersikap “aneh” dan membuat keepernya bertanya – tanya. Simak 7 sikap aneh tarantula dan artinya

Bagikan Informasinya