6

Hal dasar dalam set-up kandang tarantula

Terdapat  6 hal dasar dalam mempersiapkan kandang tarantula yang baik. Tidak perlu mewah dan mahal namun mampu memenuhi kebutuhan dasar tarantula. Enam hal tersebut adalah :

  1. Kandang
  2. Substrat
  3. Ventilasi
  4. Kelembapan
  5. Air bersih

Kandang

Dalam pemilihan kandang yang terpenting adalah keamanan, bahwa calon kandang harus memiliki penutup yang rapat dan aman. Satu Orange Baboon tarantula (OBT) lepas bisa bikin heboh seisi rumah.

Selanjutnya kenali tipe tarantula burrower / terestrial / arboreal dan sediakan kandang dengan ukuran yang tepat. Secara umum ukuran kandang panjang dan lebarnya minimal 2 kali legspan (panjang tarantula). Untuk tarantula sling / juve disarankan untuk melakukan pemeliharaan di tempat yang tidak terlalu luas untuk mempermudah perawatan dan membantu tarantula menemukan makanan. Detailnya dapat disimak pada postingan berikut : Kandang Ideal Bagi Tarantula

Untuk tarantula tipe arboreal, sediakan panjatan. Bentuk paling sederhananya bisa kayu / kulit kayu yang diposisikan vertikal atau bersandar ke salah satu sisi. Kayu yang memiliki lubang merupakan pilihan yang baik termasuk bambu dan pipa pvc. Untuk tipe tarantula tipe terestrial sediakan tempat sembunyi yang dapat berupa pecahan pot, kulit kayu melengkung, pipa pvc, bambu, dll. Sedangkan untuk burowwer mereka akan segera membuat lubang perlindungannya sendiri, kita dapat membantu mengarahkan dengan membuatkan lubang awal terutama di sisi enclosure agar kita dapat mengintip kedalam lubang. Lubang awal ini bisa hanya berupa lubang atau dapat juga sama dengan tipe teres namun sedikit dipendam. tarantula akan meneruskan lubang ini dan membangun sarangnya.

Sebagai catatan, untuk enclosure yang diprediksi memiliki kelembapan tinggi, kayu yang digunakan dapat dijemur terlebh dahulu untuk memastikan tidak ada kutu / parasit kemudian disemprot dengan cat spray bening agar kedap air dan menghindari tumbuhnya jamur. Turut disarankan pula jika menggunakan kayyu / kulit kayu dari pohon yang memiliki aroma keras seperti pinus maka kayu diangin-angin hingga aroma hilang.

Substrat

Alas / substrat membantu menjaga kelembapan juga menyediakan area perlindungan bagi sling dan tarantula tipe oportunistic burrower / obligate burrower. Substrat yang 99% disepakati menjadi substrat terbaik bagi tarantula adalah cocopeat karena :

  1. Mudah didapatkan | Cocopeat bisa didapatkan di toko tanaman, toserba seperti Borma, maupun secara online.
  2. Murah | Penyedia online rata – rata menjual di kisaran Rp 1.000 / 100gr cocopeat halus yang sudah diayak
  3. Optimal menjaga kelembapan
  4. Ringan | Memudahkan tarantula membuat lubang dan tidak membahayakan. Tarantula tidak akan mati tertimpa cocopeat.

Cocopeat tersedia dalam bentuk halus (sudah diayak) maupun yang masih bercampur dengan seratnya (cocofiber) kedua bentuk ini sama baiknya bagi tarantula dan dapat dipadupadankan sesuai kebutuhan. Sebagai catatan, cocofiber membantu tarantula terutama jenis terestrial untuk menjangkarkan jaringnya juga memperkuat struktur lubang persembunyian. Untuk substrat yang lebih “premium” dapat digunakan campuran 30% cocopeat halus + 40% vermiculate + 30% cocofiber.

Bahan untuk substrat lain yang bisa digunakan  : tanah gembur yang dicampur dengan serpihan daun kering / humus jika menggunakan substrat ini pastikan bebas dari pestisida dan pupuk.

Tinggi substrat yang disarankan untuk tarantula dewasa adalah :

  • 5 cm untuk tipe arboreal
  • 1 x legspan untuk tipe terestrial
  • 2 x legspan untuk tipe burrower

Untuk sling patokan umumnya isi substrat setinggi 1/2 tube/toples perawatan untuk terestrial dan burrower, sementara untuk tipe arboreal secukupnya disesuaikan untuk efektif menjaga kelembapan kandang.

Ventilasi

Ide utamanya adalah makin banyak ventilasi maka makin baik, namun makin banyak ventilasi juga berarti kelembapan dalam kandang makin mudah hilang. Oleh karena itu maka misi para keeper adalah menemukan bentuk ventilasi ideal bagi tarantula mereka yang masing – masing memerlukan kelembapan dan suhu spesifik.

Secara umum tarantula tipe arboreal memerlukan ventilasi lebih banyak dibandingkan saudara terestrial dan burrowernya. hal ini berlaku untuk tarantula juve dan dewasa. sementara untuk sling dapat disama-ratakan. Untuk sling rata – rata membutuhkan lingkungan yang lebih lembab ditandai warna cocopeat yang gelap namun bukan becek. Sling yang ditempatkan dalam tube hanya membutuhkan sekitar 5 lubang dengan diameter 1 – 2 mm di bagian tutup tube. Untuk detail ventilasi dapat dilihat pada posting berikut : Kandang Ideal Bagi Tarantula

Kelembaban

Pertama, pelajari caresheet karena tiap spesies memiliki habitat yang tidak sama. Jika Selesconosmia Javanensis kita tempatkan pada kandang kering maka peluangnya untuk hidup lama akan kecil karena ia berasal dari habitat yang lembab, demikian pula jika Brachypelma hamorii yang berasal dari daerah kering dipelihara dalam kandang dengan kelembaban tinggi.

Pengaturan kelembapan dilakukan dengan misting / spray air ke satu sisi enclosure, memastikan waterdish selalu terisi air bersih, dan pengaturan jumlah bukaan / ventilasi. Keeper sangat disarankan melakukan pemeriksaan rutin seminggu dua kali hingga mendapatkan pola pemeliharaan yang tepat bagi tiap spesies dan tipe enclosure.

Terdengar rumit ? sebenarnya sangat sederhana.. dengan pengalaman kita akan mengetahui dari warna substrat apakah perlu di spray atau masih cukup. Selamat bereksperimen.

Air Bersih

Keberadaan air bersih dalam enclosure merupakan hal penting. Walau tarantula jarang terlihat minum langsung dari waterdish selalu sediakan air bersih yang membantu mempertahankan kelembaban kandang.

Untukk sling, spray air ke satu dinding enclosure menciptakan butiran air yang nantinya diminum oleh tarantula, atau spray air ke bagian dalam tutup tube sebelum menutupnya. Untuk tarantula dewasa, sediakan waterdish berupa wadah dangkal yang cukup luas untuk tarantula mencelupkan bagian dadanya. Kita dapat menggunakan tutup botol amdk untuk versi hemat atau waterdish komersial untuk keperluan ini. Untuk tarantula tipe arboreal, mereka sangat jarang berada di lantai enclosure sehingga disarankan tutup botol ditempel pada kayu panjatan / sisi enclosure.

Demikian informasi mengenai 5 hal dasar dalam menyiapkan kandang tarantula.

Ikuti facebook kita di
http://bit.ly/tarantulaindonesia
dan instagram di
https://www.instagram.com/tarantulacantik

whatsapp
http://wa.me/6285320269353
http://wa.me/6285320269353
http://wa.me/6285320269353

Mampir juga di
Halaman Komunitas | Blog | Tarantula Keepers

Ingin cari tarantula ?
Kunjungi Toko Komunitas

Bahasan lebih lengkap mengenai enclosure yang ideal bagi tarantula simak di sini

Mampir juga di
Halaman Komunitas | Blog | Tarantula Keepers

Ingin cari tarantula ?
Kunjungi Toko Komunitas

Bagikan Informasinya